Sabtu, 15 Oktober 2011

perkembangan ponsel 5 tahun mendatang

Perkembangan ponsel 5 tahun mendatang

iPhone 4 - HTC HD2 (jalan WP 7) - Samsung Nexus S
Tahun 2010 adalah tahun yang sangat mencengangkan untuk teknologi, terutama ponsel pintar. Palm dibeli Hewlett-Packard dan mengeluarkan webOS 2.0 dan Palm Pre 2 yang sudah ditunggu-tunggu banyak orang,   Apple mengubah dunia mobile computing dengan mengeluarkan iPhone 4, iPad dan iOS 4, Microsoft merilis Kin (yang langsung mati) dan juga WP 7 yang terlihat akan menjadi platform OS ponsel yang keren, Google mengeluarkan 4 macam Android (2.0, 2.1, 2.2, 2.3) dan dua ponsel pure google experience, nexus 1 dan nexus S.  Ini juga belum termasuk semua ponsel dan tablet yang dikeluarkan oleh OEM seperti Samsung, LG, Motorola, HTC, Toshiba dan nama-nama besar lainnya.
Sepertinya tahun 2010 menjadi sebuah tahun landmark untuk teknologi komunikasi nirkabel dan tampaknya 2011-pun akan sama. Keluarnya processor NVIDIA baru bernama Tegra 2 kekuatan ponsel dan tablet akan menyamai dan akhirnya melebihi netbook. Kegunaan terbaru teknologi ini akan mencengangkan inner technology geek anda.

Perkembangan ini tampaknya tidak akan terhenti, saya masih ingat ponsel pertama saya yang dibeli tahun 1997, Ericsson GA 628. Waktu itu saya sudah sangat takjub dengan kemampuan dia menampilkan tulisan 12 karakter, bisa simpan 20 sms dan 100 kontak, lebih lagi paling keren adalah bisa ganti face plate!
Dahsyat bro..
Baru 12 tahun, teknologi sudah menggila-gila. Tapi saya tidak mau melihat ke masa lalu, karena kalau mau lihat evolusi ponsel pintar selama 10 tahun kebelakang ini anda tinggal klik di sini dan bisa melihatnya.
‘My interest is in the future because I’m going to spend the rest of my life there’
- Charles F. Kettering -
Saya mau memperlihatkan satu video untuk anda yang dibuat oleh the astonishing tribe, sebuah firma desain yang mengembangkan teknologi ponsel pintar, terutama layar touch screen.

Dan hebatnya, semua yang anda lihat di video itu teknologinya sudah ada atau sedang dikembangkan. Memang masih mahal tapi bila anda percaya pada hukum Moore, artinya dalam 5 tahun lagi semua itu mungkin sudah bisa dibuat dengan jauh lebih murah pada skala yang jauh lebih besar.
Dengan form factor yang bisa gonta-ganti kayanya kegunaan ponsel akan semakin melebar. Sekarang aja ponsel sudah menjadi kebutuhan primer bagi orang-orang tertentu, kebayang aja nanti dalam waktu 5 tahun kita semakin tergantung dengan teknologi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar