Kamis, 13 Oktober 2011

definisi internet dan web

Definisi Internet dan Web

Admin:ajimedia.com.

Perlu digaris bawahi bahwa definisi internet tidak sama dengan Web, namun kebanyakan orang awam bahkan pengguna (user) internet umumnya menganggap bahwa internet adalah web. Memang terdapat keterkaitan yang dekat antara keduanya, bahkan tidak bisa dipisahkan antara web dengan internet, namun secara konsep definisi keduanya jelas berbeda.

Internet adalah sebuah jaringan komputer global, yang terdiri dari jutaan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan protocol yang sama untuk berbagi secara bersama informasi. Jadi internet  merupakan kumpulan atau penggabungan jaringan secara fisik komputer lokal atau LAN menjadi jaringan komputer global atau WAN. Jaringan-jaringan tersebut saling berhubungan atau berkomunikasi satu sama lain dengan berbasiskan protokol TCP/IP. TCP/IP memiliki protocol utama yang digunakan yaitu  IP ( Internet Protocol ) dan TCP (Transmission Control Protocol) atau UDP (User Datagram Protocol), sehingga setiap pengguna pada setiap jaringan dapat mengakses semua layanan yang disediakan oleh setiap jaringan. Dengan menggunakan protocol tersebut arsitektur jaringan  komputer yang berbeda akan dapat saling mengenali dan bisa berkomunikasi.

Sedangkan web atau lengkapnya www (world wide web) adalah  sebuah koleksi keterhubungan dokumen-dokumen yang disimpan di internet dan diakses menggunakan protocol (HTTP/ HyperText Transfer Protocol). Intinya bahwa pengguna internet bisa memanfaatkan berbagai macam fasilitas informasi dengan biaya murah tanpa harus datang secara langsung ketempatnya. Informasi atau dokumen yang dapat diakses dapat berupa data teks, gambar atau image, animasi, video, suara, atau kombinasi diantaranya dan bahkan komunikasi bisa dilakukan secara langsung dengan suara dan video sekaligus.

Definisi diatas dapat memberikan pengertian bahwa internet berhubungan dengan perangkat keras (hardware) dan web berhubungan dengan perangkat lunak (software).

www.ajimedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar