Kamis, 13 Oktober 2011

istilah yg berhubungan dengan internet

Istilah-Istilah Yang Berhubungan Dengan Internet

September 4, 2010
 
0
 
0
 
Rate This
Hypertext adalah Teks yang mempunyai kaitan ke dokumen (bagian) lain.
World Wide Web adalah salah satu layanan internet yang berupa jaringan dokumen atau sumberdaya lain seperti audio, video atau gambar yang saling terhubung oleh hyperlink atau URL (Uniform Resource Locator – alamat web dokumen web yang anda ketikkan di address bar browser) yang ditransfer melalui jaringan internet melalui protokol HTTP (hypertext transfer protocol).
• Compuserve adalah sebuah penyedia jasa informasi on-line yang memberikan beberapa akses Internet. CompuServe menyediakan banyak sekali forum, yang mirip dengan newsgroups, termasuk banyak forum yang menyediakan dukungan teknis yang luar biasa bagi sejumlah besar perangkat lunak PC dan Mac.
• Bulletin Board Systems (BBS) adalah Suatu layanan komputer yang bisa diakses dengan komputer jaringan, biasanya dikelola oleh suatu perusahaan atau distributor yang menggunakan komunikasi komputer dua arah, untuk merekam data dan fungsi-fungsi atau program-program, untuk keperluan tanya-jawab dan akses informasi serta untuk menerima dan menyebarluaskan pengumuman-pengumuman perusahaan dan sebagainya.
• Uniform Resource Locator (URL) adalah rangkaian karakter dengan format tertentu yang digunakan untuk merepresentasikan alamat atau sumber dokumen di internet. Nama lainnya adalah URI (Uniform Resource Identifier).
• Domain Name adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi server komputer di jaringan komputer yang tergabung dalam internet.
• Email adalah media surat menyurat secara online, email memungkinkan kita untuk berkirim surat baik berupa text maupun dengan gabungan gambar melalui internet dengan waktu yang cepat.
• Homepage adalah halaman muka dari sebuah situs web. Pengertian lainnya adalah halaman default yang diset untuk sebuah browser. halaman ini ditayangan di Internet melalui media World Wide Web.
• E-commerce adalah kegiatan – kegiatan bisnis dengan tujuan mengambil keuntungan seperti penjualan, pembelian, pelayanan, informasi, dan perdagangan melalui perantara yaitu melalui suatu jaringan computer, terutama internet.
• ISP(Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi atau access internet melalui jaringan telepon. Namun sekarang tidak hanya menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi seperti fiber optic dan wireless.
• Search engine adalah suatu portal website yang menyediakan informasi pencarian data-data yang dibutuhkan pengunjung internet. Untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan, pengunjung internet masuk ke situs tersebut dan melakukan pencarian. Website search engine yang terkenal adalah Google dan Yahoo.
• W3C (World Wide Web Consortium) adalah sebuah Organisasi yang menangani pengembangan web standar. W3C mengembangkan pedoman dan standarisasi sebuah web. Organisasi ini didirikan sejak tahun 1994.
• Protocols adalah suatu tata cara atau aturan berkomunikasi antar dua pihak. Dalam konteks teknologi informasi, protocol berarti suatu standar komunikasi antar sistem atau komputer dalam suatu jaringan. Dengan adanya protocol maka suatu data dapat ditransmisikan ke tujuan dan setelah sampai di tujuan maka data tersebut bisa diterima dengan benar.
• ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) adalah awal mula terbentuknya internet atau suatu jaringan yang di buat oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 dengan tujuan untuk keperluan militer.
• Web browser adalah suatu program computer yang menyediakan fasilitas untuk membaca halaman web di suatu komputer.
• HTML (Hypertext Markup Language) adalah suatu format data yang digunakan untuk membuat dokumen hypertext yang dapat dibaca dari satu platform ke platform lainnya tanpa melakukan suatu perubahan apapun. Dokumen HTML sebenarnya adalah suatu dokumen teks biasa (ASCII), sehingga di platform apapun dokumen tersebut dapat dibaca.
• Specification adalah spesifikasi, perincian, atau alat.
• WYSIWYG (What You See Is What You Get) adalah suatu editor yang memungkinkan user untuk menentukan format, ukuran dan jenis huruf, menambahkan hyperlink dan tabel, dan juga bisa mengupload file, gambar, animasi flash dan video.
• Hyperlinks adalah melompat ke dokumen lain. Atau bisa disebut juga serangkaian text atau citra (yang dapat diperoleh dengan mengklik tombol mouse sebelah kiri) yang dapat membawa ke posisi lain dalam suatu dokumen atau ke bagian lain WWW.
• Download adalah proses transmisi sebuah file dari sebuah sistem computer ke sistem komputer yang lainnya. Dengan kata lain, download adalah transmisi data dari internet ke komputer client/pemakai.
• Upload adalah meletakkan sesuatu file dari komputer anda untuk diletakkan ke atas sesebuah halaman web. Atau bisa disebut pemindahan data elektronik antara dua computer atau system serupa lainnya.
• DSL (Digital Subscriber Line) adalah suatu teknologi digital untuk mengirim data terkompressi melalui kabel telepon biasa yang terbuat dari tembaga (drop wire cable). Melalui Teknologi DSL ini akan membawa kedua sinyal analog serta digital pada satu kabel tersebut. Sinyal digital untuk komunikasi data sementara sinyal analog untuk suara. DSL akan mengkoneksikan dan membawa sinyal digital untuk komunikasi data dan bekerja dengan menggunakan modem khusus (disebut modem DSL) untuk membaca (encode) data tersebut dan kemudian mengirimkannya melalui frekuensi yang tidak terpakai pada kabel telepon tersebut. DSL memanfaatkan frekwensi tinggi untuk mengirim data dan frekuensi rendah untuk menyalurkan suara /faximili.
• Bandwidth (Lebar Pita) adalah besaran yang mempengaruhi kecepatan transfer data. Semakin besar bandwidth, maka semakin besar pula kecepatan transfer data.
• Codecs (Code and Decode) adalah suatu program yang bertujuan untuk meng-coder atau meng-decoder suatu data digital atau data stream.
• Application Service Provider (ASP) adalah penyedia jasa yang menyediakan aplikasi untuk digunakan oleh pelanggan (customer). ASP menyediakan aplikasi-aplikasi yang tersedia secara online dan dapat digunakan secara online (via web) atau offline (download dahulu baru kemudian digunakan di komputer pelanggan).
ASP ini merupakan suatu usaha yang menawarkan akses berupa penggunaan aplikasi perangkat lunak kepada pengguna individu maupun perkantoran melalui sarana Internet. Pada dasarnya ASP adalah suatu Independent Software Vendor (ISV) atau ISP yang memanfaatkan Internet sebagai sarana penyampaian sehingga program aplikasinya bisa berfungsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar